Kemkominfo Selenggarakan Rakernas Relawan TIK Indonesia di Manado

Relawan TIK

Kemkominfo Selenggarakan Rakernas Relawan TIK Indonesia di ManadoManado, Kominfo – Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Bambang Heru Tjahjono membuka secara resmi Rakernas Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke-II di Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (2/6).

Dalam sambutan pembukaannya, Bambang mengatakan, rakernas ini bertujuan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman di antara Relawan TIK yang dihadiri 26 pengurus dari setiap perwakilan Provinsi dan 47 perwakilan Kabupaten/Kota.

Dengan saling bertukar informasi dan pengalaman, dapat membuat rencana kerja yang strategis sehingga dapat memberdayakan TIK dalam mensejahterakan masyarakat, kata Bambang.

Menurutnya, kemampuan untuk menguasai bidang TIK merupakan persyaratan mutlak dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang berbasis perekonomian dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu, lanjutnya, pemanfaatan TIK dalam mewujudkan masyarakat informasi serta membentuk masyarakat berbasis ilmu pengetahuan harus dimulai dengan membuat informasi menjadi lebih mudah diakses oleh segenap masyarakat.

Dengan komitmen dukungan dan kerjasama dari pemerintah pusat, daerah serta peran pemangku kepentingan, kalangan bisnis, perguruan tinggi, komunitas dan masyarkat, maka upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat semakin nyata, ujarnya.

Bambang berharap, dimasa mendatang pembentukan Relawan TIK dapat tumbuh dan berkembang hingga di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mampu mengakar hingga tingkat Kecamatan dan Desa.

Selain memberikan pelajaran seperti sosialisasi internet sehat, cerdas dan produktif, keamanan sistem informasi dan lainnya kepada masyarakat, relawan TIK juga bisa mengawal pemanfaatan pemberdayaan dari pemerintah seperti CAP, M-CAP, PLIK, M-PLIK, Desa Berdering, Desa Pintar, Pusat Rumah Kreatif serta diharapkan sigap dan tanggap terhadap melakukan koordinasi, kolaborasi kerjasama didaerah bencana, pungkasnya (Ajo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.