RELAWAN TIK INDONESIA RAIH 2 CHAMPION PADA WSIS 2018

Relawan TIK

Kabar menggembirakan datang dari ajang the World Summit on the Information Society(WSIS) Prizes 2018 yang berlangsung di Jenewa-Swiss, tanggal 19-23 Maret 2018. WSIS Prizes merupakan agenda tahunan yang dilakukan PBB, melalui organnya International Telecommunication Union (ITU), sejak 2012.

Kompetisi ini mengundang seluruh pemangku kepentingan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari berbagai belahan dunia untuk menyampaikan inisiatif karya yang terbagi atas 18 kategori yang ada. Penentuan Champion tersebut harus melalui saringan yang ketat sejak dari fase nominase awal oleh kelompok pakar PBB, dilanjutkan dengan fase voting oleh publik, hingga kemudian penyaringan kembali oleh para pakar tersebut.

Dari setiap 18 kategori yang ada dalam WSIS Prizes 2018, masing-masing dipilih 5 inisiatif karya sebagai Champion. Kemudian dari 5 Champion tersebut, akan ditentukan inisiatif karya yang berhak memperoleh posisi Winner. Tahun ini, Indonesia mampu merebut 12 posisi Champion(2nd best) dari 18 kategori yang dilombakan.

Delegasi Indonesia yang diwakili oleh Relawan TIK hadir langsung di Jenewa untuk menyaksikan penetapan Winner of the Champion dari semua kategori. Relawan TIK yang hadir di Swiss terdiri dari Fajar Eri Dianto-Ketua Umum Relawan TIK, M. Said Hasibuan-Sekjen Relawan TIK, Hani Purnawanti-Penanggung Jawab REGOS dan Erni Sulistiyowati-Penanggung Jawab PUSPINDES.

RelawanTIK Indonesia sebagai bagian dari pelaku gerakan TIK, meloloskan 2 insiatif  diajang bergengsi international ini. Program yang lolos adalah RelawanTIK Goes To School(REGOS) dan Pusat Layanan Informasi Pedesaan(PUSPINDES).

Dan pada tanggal 20 Maret 2018, ahli dari ITU dan UN telah mengumumkan para Champion serta Winner atas masing-masing kategori. Dan Indonesia berhasil meraih 2 gelar Champion yang diraih oleh Relawan TIK Indonesia pada kategori 3 (Akses Terhadap Informasi) dan kategori 4 (Capacity Building). Sementara untuk Winner diraih oleh Indonesia Baik – sebuah program yang diluncurkan oleh Kementerian Kominfo RI.

Informasi ini didapat dari unggahan Hani Purnawanti di salah satu akun media sosialnya. Selamat untuk Indonesia, sukses terus untuk Relawan TIK Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.