“Ngoprek Bareng” merupakan sebuah gagasan untuk meramaikan kegiatan komunitas TIK di Kabupaten Pemalang. Grombyang OS Team (GrOS Team) dan Relawan TIK Pemalang mengadakan kegiatan “Ngoprek Bareng” ini di Zona Kopi, Sabtu (28/3/2015) dan mengajak para pegiat TIK di Pemalang untuk turut serta di dalamnya.
Kegiatan yang dimulai pukul 14.30 ini mengusung tema “Membangun Server VOIP”. Tujuannya adalah mengenalkan teknologi yang sekiranya dapat diterapkan baik untuk lingkungan instansi, sekolah maupun desa yang lebih terjangkau. Tanpa pulsa, kita dapat berkomunikasi dengan menggunakan teknologi ini.

Jordan Andrean memandu sekitar 20 orang peserta untuk membangun server VOIP ini. Mulai dari instalasi aplikasi hingga seting nomor telpon sendiri dengan menggunakan ponsel Android. Jaringan yang digunakan menggunakan jaringan lokal di area Zona Kopi.

Dalam kegiatan ini Ketua Relawan TIK Pemalang, Solikhin yang akrab dipanggil Massol memperkenalkan Relawan TIK dan seputar kegiatannya kepada para peserta. Visi dari Relawan TIK sendiri adalah turut serta dalam pembangunan bangsa melalui pemberdayaan TIK.

“Relawan TIK adalah tempat belajar dan berbagi. Relawan TIK lahir tahun 2011 sedangkan Relawan TIK Pemalang lahir bulan Juni tahun 2014 lalu”, ungkap Massol.

Selain untuk memperkenalkan Relawan TIK, kegiatan Ngoprek Bareng ini juga untuk memperkenalkan Grombyang OS. Pengenalan sekaligus seluk beluk Grombyang OS ini dilakukan oleh perwakilan GrOS Team, Sumitro Aji Prabowo.

“Salah satu tujuan pengembangan Grombyang OS ini adalah untuk memenuhi kebutuhan penggunaan komputer yang mudah dan terjangkau khususnya untuk dunia pendidikan”, terang pria yang akrab dipanggil Bowo tersebut.

Acara Ngoprek Bareng ini akan dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali dengan materi yang berbeda. Untuk mengetahui jadwal kegiatan dapat dilihat di facebook, twitter dan web Grombyang Os dan Relawan TIK Pemalang: