Sejarah Relawan TIK Indonesia

Relawan TIK Indonesia (Indonesia ICT Volunteer) mulai dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008, sebagai bukti kepedulian para pegiat TIK dalam pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaata TIK. Diharapkan Relawan TIK Indonesia bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan visi masyarakat informasi Indonesia 2015. Melalui FORUM KOMUNIKASI, KOORDINASI, KOLABORASI DAN KERJASAMA KOMUNITAS TIK (FK5T) yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 4-6 Juli 2011 maka organisasi Relawan TIK Indonesia dinyatakan terbentuk secara resmi berbarengan dengan pengesahan AD/ART organisasi dan penetapan Pengurus Nasional.

Relawan TIK Indonesia meliputi masing-masing individu yang mempunyai komitmen terhadap organisasi Relawan TIK Nasional untuk melakukan transformasi pemahaman TIK yang sehat bagi masyarakat guna mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan digital menuju masyarakat Informasi Indonesia 2015.

Relawan TIK Indonesia adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri yang mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para anggota serta warga masyarakat lain.

Dibutuhkan kolaborasi dengan multi – stakeholders agar gerakan Relawan TIK Indonesia tidak menjadi gerakan seremonial saja tetapi dapat benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas.