Guna menambah keterampilan para santri, Madrasah Aliyah Nurul Athfal Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang gelar pelatihan internet. Pelatihan yang akan dilaksanakan rutin tiap hari Senin siang ini para santri akan dibimbing Relawan TIK Pemalang.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menambah keterampilan dan wawasan para santri. Selain aktivitas belajar dan mengaji, mereka juga kita coba kenalkan dengan teknologi yang kelak nantinya dapat mempermudah mereka dalam belajar,” demikian ungkapan Hamam salah seorang pengajar di MA Nurul Athfal.

Pelatihan hari pertama dilaksanakan, Senin (20/4/2015). Massol yang pada saat itu bertindak sebagai pengajar, memperkenalkan internet dan penggunaannya. Selain itu, kepada para santri juga diberi pemahaman mengenai dampak negatif dari penggunaan internet yang tidak bijak.

Pelatihan yang diikuti kurang lebih 15an peserta ini berlangsung di salah satu ruang kelas MA Nurul Athfal. Para santri belajar bagaimana mengakses situs yang menyediakan bahan bacaan untuk menambah wawasan mereka. Mulai dari mengakses situs id.wikipedia.org hingga pencarian materi belajar dengan menggunakan situs pencarian, Google.com.

Melalui situs Wikipedia, para santri mencari informasi seputar Kabupaten Pemalang, Kota Balikpapan, Provinsi Sumatera Utara. Di sana konten yang tersedia lumayan lengkap. Para santri dapat mengetahui sejarah masing-masing daerah, kondisi geografis hingga perkembangan jumlah penduduk di daerah tersebut.

Melalui google, mereka dapat mencari bahan untuk belajar berbentuk file PDF, DOCX, maupun file berekstensi lainnya. Mencari gambar-gambar yang dibutuhkan atau mencari alamat melalui layanan Google Map.

Selain pemanfaatan internet untuk mencari informasi, di pertemuan berikutnya, para santri akan diajarkan dengan materi pemanfaatan email dan pembuatan blog.

sumber: rtikpemalang.or.id