STANDAR ACUAN KERJA KONTRIBUTOR WEBSITE RTIK INDONESIA

BERITA KEGIATAN DAN PROMO KEGIATAN

Dalam mengirimkan sebuah data untuk dimuat sebagai berita di website relawan TIK sebagai bentuk dari  keterlibatan  Relawan TIK  daerah  dan penguatan branding RTIK  Indonesia,  maka  data  yang dikirimkan harus memenuhi beberapa unsur atau syarat yang ditentukan oleh Bidang Humas dan Publikasi Relawan TIK Indonesia, berikut syarat dan ketentuannya:

  1. 1. Data  Berita  merupakan  informasi  dari  kegiatan  Relawan  TIK  Daerah  baik  yang  bersifat internal maupun eksternal
  2. 2. Selain kegiatan, data berita juga boleh berupa rilis pra acara atau pra kegiatan sebagai bagian dari promo kegiatan RTIK daerah.
  3. 3. Baik data berita maupun pra acara wajib memenuhi standar 5W + 1H dengan tambahan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dari narasumber yang memiliki posisi strategis yang berkaitan dengan berita atau pra acara tersebut.
  4. 4. Berita  atau  rilis  pra  acara  dari  RTIK  daerah  yang  akan  dimuat  di  website  Relawan  TIK Indonesia harus berbeda judul dengan berita atau rilis pra acara yang akan atau sudah dimuat di website Relawan TIK Daerah dengan teknik pemecahan berita
  5. 5. Data berita wajib melampirkan foto kegiatan, sementara rilis pra acara wajib melampirkan banner promo
  6. 6. Dalam setiap 3 bulan sekali, pengurus Relawan TIK Indonesia melalui bidang Humas dan Publikasi akan melakukan evaluasi dan analisis keaktifan dan kualitas konten dari seluruh kontributor akan ada penilaian dengan sistem poin dan bagi kontributor yang dinilai aktif berhak mendapatkan hadiah menarik dari pengurus Relawan TIK Indonesia

TULISAN ARTIKEL DAN OPINI

Relawan TIK Indonesia memfasilitasi bagi seluruh anggota RTIK yang aktif dan memiliki perhatian terhadap dunia TIK, baik regional, nasional, maupun internasional. Melalui website Relawan TIK Indonesia, kontributor atau perseorangan dapat berkontribusi mengirimkan tulisan berupa artikel atau opini dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  1. 1. Tulisan Artikel atau Opini bertemakan TIK atau Relawan TIK
  2. 2. Penulis merupakan anggota Relawan TIK
  3. 3. Tulisan yang pernah  dimuat  di  media/website/blog  lain  boleh  dimuat  dengan mencantumkan keterangan pernah dimuat juga di (nama media). Diutamakan belum pernah dimuat dimanapun.
  4. 4. Tulisan bukan  merupakan  produk,  promosi  sebuah  badan  usaha,  politik,  dan  tidak melanggar peraturan UU ITE No. 16 tahun 2019.
  5. 5. Bidang Humas dan Publikasi Relawan TIK Indonesia berhak merevisi atau mengubah judul dan isi tulisan jika tidak sesuai dengan semua poin ketentuan diatas
  6. 6. Setiap penulis akan mendapatkan hadiah menarik dari Relawan TIK Indonesia jika tulisan yang dimuat dianggap baik dari sisi materi, kualitas penulisan, dan berkontribusi pada perkembangan dunia TIK.

Untuk pengajuan rekan RTIK Wilayah/ Cabang/ Komisariat menjadi Kontributor Website RTIK Indonesia silakan isi Formulir Pengajuan Online di sini.

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.